Assalamualaikum
WR.WB. Di blog in saya akan membahas pekerjaan di balik kereta api. Yup… banyak
orang yang beranggapan kalau masinis itu adalah pekerjaan yang sangat mudah. Karena
pekerjaan ini hanya bisa mengegas dan mengerem kereta api. Tapi semua itu SALAH…!!!.
Yah sudah biasa sebagai masinis yang sering dikatakan seperti itu. Oke…
ternyata masinis itu pekerjaan yang sulit sulit sulit…. Sekali!!!. Bagaimana tidak
susah setiap di perjalanan si masinis harus bisa berhitung lalu apa yang dihitung…???.
Yapp… yang dihitung yaitu:
1. Dia menghitung jarak antar
stasiun yang dia berhenti lalu ke tujuan.
2. Dia menghitung kecepatan. Dia
harus tau kecepatan sekian agar pas masuk stasiun gak melewati batas berhenti.
3. Masinis harus tau kemiringan
rel kereta saat di pegunungan.
4. Masinis harus tau saat belok
kecepatan kereta sekian agar tidak anjlok saat berbelok. Karena saat belok
kereta berjalan miring.
5. Masinis harus hafal semua
semboyan mulai dari 1 hingga beratus-ratusan.
Dll.
Lumayan
banyak kan. Itu belum seberapa masih banyak lagi.
Berton-ton
gerbong kereta yang dia bawa dan harus menjinakkan si ular besi itu. Saya berpengalaman
melihat itu. Dia tidak pernah lelah terhadap pekerjaan itu. Saya lihat sendiri
kabin yang didalam lokomotif itu sangat panas. Jika masinis kepanasan hanya di
temani sebuah kipas angin kecil. Itupun masih panas kalau tidak dia biasanya
buka jendela kabin agar angin masuk ke dalam angin agar sang masinis nyaman
saat bekerja karena tidak kepanasan. Tetapi kayak gitu juga bahaya bisa bikin
masinis masuk angin :D . kita aja saat naik kereta enak. Ac ada, mau makan
kereta makan, wifi pakai hotspot orang lain :D, toilet ada, pengumuman tiba di
stasiun ada pokoknya lengkap deh. Lalu saat malam masinis harus focus. Kenapa bisa
begitu karena setiap perjalanan rel kereta tiada lampu penerangan di sepanjang
rel paling hanya lampu signal aja. Kita malam saja sudah tidur masinis mah
beda. 24 jam mereka melayani kereta. Di kereta kita sudah tidur nyenyak di
kursi kereta. Kalau gak cukup tidur aja di kereta makan :D. malam yang dingin
si pengendali kuda besi itu masih saja mengendalikannya dan hamper tidak tidur L. Seharusnya sebagai penumpang kita harus berterima
kasih kepada masinis karena sudah mengantarkan kita sampai ke tujuan dengan
selamat. Yah… begitulah pekerjaan si masinis dia harus bertanggung jawab atas
yang dia kerjakan. Karena ratusan hingga ribuan nyawa penumpang yang dia bawa
menjadi tanggung jawabnya. Karena dial alai sedikit penumpang yang jumlahnya
bnyak itu mau jadi apa???. J itulah kisah masinis yang
asli karena dari sebuah pengalaman saya yang sedang naik rangkaian kereta api
Gaya Baru Malam selatan dari stasiun Jombang dan turun di stasiun Jatinegara. Saya
pergi dengan sekeluarga. Makannya itu saya bilang kalau tempat duduk tidak
cukup buat tidur silahkan tidur di kereta makan :D.
Saat dia sedang menjalani ibadah shalat karena tidak ada waktu untuk shalat
BY: RAILFANS :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar